1

Membuat Vocal Booth untuk Voice Over

Sebagai seorang pengisi suara, merekam suara adalah suatu kegiatan yang tidak pernah lepas darinya. Hal ini membuat seorang pengisi suara, khususnya dalam dunia voice over setidaknya harus memiliki studio rekaman untuknya bisa merekam demo atau sample suara. Apakah kamu ingin merekam suara yang jelas dan juga professional tetapi minim pengeluaran? Vocal Booth DIY adalah solusi yang tepat untuk pertanyaan kamu. Setiap pengisi suara pasti menginginkan vocal boothnya sendiri. Jika kamu memiliki budget yang cukup, pasti kamu akan membelinya. Namun jika tidak ada, jalan satu-satunya adalah dengan membuatnya sendiri. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat vocal booth DIY kamu sendiri yang bisa kamu lakukan di rumah.

  • Menggunakan ruangan kosong

Adanya ruangan kosong didalam rumah sangat berguna untuk dijadikan apapun. Salah satunya mungkin sangat berguna bagi voice over talent untuk membuat vocal booth nya sendiri. Sebelum mengubah ruangan kosong menjadi vocal booth yang berguna, maka perlu adanya tahap perencanaan agar hasil yang dikerjakan menjadi lebih maksimal. Desain ruangan yang cukup untuk perawatan akustik sangat diperlukan untuk membangun sebuah vocal booth.

  • Menggunakan peralatan yang ada

foto office supplies vector

 

  • Ruang Booth “Closet”

Membangun struktur luar adalah bagian pekerjaan yang paling sulit. Jika kamu memiiki lemari yang cukup besar, maka ia akan menjadi salah satu alternative untuk dijadikan vocal booth mu sendiri. Cobalah untuk mulai mengumpulkan bantal, selimut dan pakaian lainnya dari rumahmu. Idealnya membangun vocal booth secara umum penyerapan yang semakin tebal akan semakin baik. Hindarilah untuk menggunakan karpet karena akan menyerap frekuensi lebih tinggi. Untuk menghasilkan suara yang bagus, cobalah untuk bereksperimen dengan penyerapan hingga kamu menemukan dan menyukai suara yang kamu dengar.

  • Vocal Booth “Kasur”

Jika di rumahmu cukup banyak memiliki kasur, mungkin bisa dijadikan alternative lainnya dalam pembuatan vocal booth. Jika kamu memiliki satu kasur, sebaiknya posisinya ada di belakang kepala penyanyi. Jika terdapat dua kasur, bisa diatur dan membentuk huruf “V” di belakang kepala penyanyi. Dan jika kamu memiliki tiga kasur, kamu bisa mengatur kasur untuk membentuk huruf “C” dengan posisi tetap di belakang kepala penyanyi. Pastikan untuk memakai jenis “busa memori” dalam membangun vocal boothmu, karena jenis kasur tersbut memiliki banyaknya penyerapan sehingga semakin menghasilkan suara yang baik.

  • Vocal Booth “Tirai”

Pada umumnya, vocal booth tetap pada konsep yang sama. Begitu pula dengan vocal booth “tirai”,  semakin tebal maka akan lebih baik daripada tipis, lebih banyak massa akan lebih baik daripada massa yang lebih sedikit dan yang terakhir adalah kekakuan dari tirai itu sendiri. Tirai yang lemas akan lebih baik daripada tirai yang kaku, karena akan digunakan sebagai penyerap gelombang suara. Untuk membuatnya, kamu memerlukan batang gorden yang melingkar, yang menjulang hingga ke langit-langit juga harus cukup kuat dalam menahan beban, dan selimut besar.

Membuat vocal booth sendiri tentu akan meringankan biaya pengeluaran bagi seorang pengisi suara yang akan merekam suaranya untuk membuat sebuah demo suara. Dengan alternative penggunaan ruangan yang kosong atau memanfaatkan bahan-bahan yang ada didalam rumah, kamu sudah bisa membuat vocal booth sederhana milikmu sendiri yang tentunya low budget. Silahkan mencoba!

Leave Your Comment