1

Cara Menghitung Rate Project Voice Over Anda

Banyak yang bertanya kepada tim indovoiceover.com, bagaimana cara menghitung rate pribadi terhadap project-project voice over atau pengisi suara atau dubber yang akan diproduksi. Hal yang mungkin terasa taboo bagi sebagian orang, namun memiliki urgensi yang cukup tinggi. Dalam artikel blog ini, tim indovoiceover.com akan mencoba menguraikan bagaimana cara menghitung rate yang paling tepat bagi project-project voice over atau pengisi suara atau dubber yang akan diproduksi.Mengenal Naskah dan

1. Penghitungan Durasi

Hasil gambar untuk count

Naskah yang dikirimkan sebagai salah satu brief dari klien, memiliki berbagai macam fungsi. Selain sebagai tools untuk berlatih membaca, menjeda, dan memahami pesan yang sebenarnya ingin disampaikan, script juga dapat digunakan untuk menghitung perkiraan durasi total dari project yang akan berjalan. Dengan mengerti jumlah durasi total dari produk voice over atau pengisi suara atau dubber yang akan dikerjakan, tentunya kita dapat melakukan breakdown terhadap berbagai hal-hal lain yang juga menyangkut dalam ranah produksi voice over ini, seperti berapa lama waktu produksi yang dibutuhkan dan juga berapa lama waktu post produksi yang dibutuhkan bila juga dikerjakan oleh anda sendiri. Cara menghitung nya cukup mudah, cukup menggunakan web http://www.speechinminutes.com/ untuk mengkonversi durasi dari script yang akan dibaca didasarkan kepada jumlah total kata yang ada.

2. License Penayangan Voice Over

Hasil gambar untuk logo social media png

Menilik adanya berbagai jenis voice over yang ada, seperti company profile, tvc, radio ad, event, dll. membuat untuk tahu dimanakah penayangan voice over yang akan anda produksi tentunya menjadi nilai ukur yang mutlak bagi penetapan rate voice over. Kenapa? Karena setiap voice over memiliki rate yang berbeda untuk license penayangannya. Coba renungkan, apakah sebuah rate voice over untuk commercial used, dapat disamakan dengan rate untuk event yang sekali tayang? Maka dengan memahami ini dari awal sebelum anda menerima project, dapat membantu anda untuk menghitung rate pengerjaan voice over.

3. Durasi Waktu Produksi

Hasil gambar untuk calendar png

Ini yang sering luput dari penghitungan seorang voice over talent.. Ya durasi waktu produksi bagi sebuah produk voice over memiliki pengaruh yang sangat besar bagi rate yang akan disampaikan ke client. Coba hitung, berapa effort yang akan anda keluarkan untuk rental studio, berangkat ke studio tersebut, dan harus mondar-mandir ke studio untuk melakukan revisi. Ada baiknya bila anda memiliki sendiri home studio yang dapat dipergunakan untuk melakukan perekaman suara di rumah, dan menjadi investasi yang tepat bagi voice over talent. Pun dengan memiliki studio di rumah, anda tetap harus mempertimbangkan listrik yang anda keluarkan, berapa lama waktu produksi, berapa kali revisi yang diminta klien, dll.

Penentuan rate voice over, bagi voice over talent menjadi hal yang urgent untuk dibicarakan ketika anda menerima project voice over. Variable yang telah dijabarkan oleh tim indovoiceover.com di atas merupakan variable dasar untuk melakukan penghitungan rate voice over talent dari sudut pandang voice over talent itu sendiri, yang tentunya masih banyak variable lain yang perlu dipikirkan apabila dilihat dari sudut pandang lain, misal, dari sudut voice over agency.

Leave Your Comment