1

Kupas Tuntas Podcast “Serial Adnan Syed”

Nama Adnan Syed menjadi dikenal oleh masyarakat seluruh dunia karena serial podcast kejahatan yang dilakukannya. Podcast tersebut dipandu oleh seorang jurnalis yakni Sarah Koenig dan pertama kali diluncurkan pada tahun 2014. Diketahui bahwa podcast populer ini mendulang pujian sebagai salah satu podcast paling populer sepanjang masa dan mendominasi tempat nomor satu di iTunes selama lebih dari tiga bulan dan juga memecahkan rekor sebagai podcast pertama kali dengan cepat yang pernah mencapai 5 juta unduhan.

Pada 12 episode pertama serial ini didedikasikan untuk menginvestigasi pembunuhan tahun 1999 terhadap siswa SMA berusia 18 tahun, Hae Min Lee. Tubuhnya ditemukan di Leakin Park di Baltimore, Maryland. Beberapa minggu kemudian, mantan pacarnya, Adnan Masud Syed, ditangkap dan didakwa melakukan pembunuhan tingkat pertama. Pada 25 Februari 2000, setelah persidangan enam minggu (yang kedua, karena yang pertama adalah pembatalan sidang) dan Syed dinyatakan bersalah atas pembunuhan Lee. Berangkat dari situ, ia selalu memprotes ketidakbersalahannya. Episode pertama dari podcast Serial ini dirilis pada 3 Oktober 2014 dan mulai menyelidiki peristiwa seputar pembunuhan Hae. Serial ini membawa pembaruan setiap minggu dan juga mengeksplorasi ide apakah Adnan telah salah dihukum atas kejahatan tersebut. Sejak awal, pembawa acara Sarah Koenig mengatakan bahwa dia tidak tahu ke mana arah penyelidikannya. Beberapa minggu setelah seri satu berakhir, Pengadilan Banding Khusus Maryland mengajukan keputusan untuk mengizinkan Adnan mengajukan banding atas putusannya dengan alasan pengacaranya, Cristina Gutierrez, telah memberikan penasihat hukum yang tidak efektif karena gagal mencari tawaran pembelaan selama persidangannya. Pengadilan juga mengumumkan bahwa mereka akan menjawab pertanyaan apakah bukti baru dari Asia McClain, yang menyediakan alibi untuk Syed, akan diterima. Tiga bulan kemudian kasus ini dikembalikan ke pengadilan di mana Asia McClain dan yang lainnya bersaksi pada Februari 2016. Koenig menghadiri sidang itu dan menghasilkan tiga episode “pembaruan” singkat dari Serial, tetapi podcast berjalan tiba-tiba berhenti ketika Koenig pergi untuk melanjutkan produksi Musim Dua.

foto mangaka naruto

Film dokumenter, yang disebut The Case Against Adnan Syed, telah diproduksi sejak tahun 2015, dan akan terus memeriksa kembali kasus ini dan peristiwa-peristiwa seputar pembunuhan Hae.

Leave Your Comment