1

Pengertian Localization di Dunia Industri Kreatif

Tingginya tuntutan pasar akan voice over talent dalam bahasa asing menuntut klien untuk mendapatkan service yang professional di bidang ini. Indovoiceover sebagai marketplace voice over atau pengisi suara atau dubber  terbesar di asia berusaha untuk meningkatkan dan menyediakan berbagai macam service guna untuk membuat klien semakin nyaman dan puas dalam hal mencari voice over talent yang ia butuhkan.

Layanan atau service yang disediakan seperti hal nya memiliki banyak bahasa. Dengan memiliki banyak bahasa, akan sangat memudahkan klien untuk mengerti dan lebih memahami apa yang dicari. Selain itu, klien juga mampu untuk mencari voice over atau pengisi suara atau dubber talent yang cocok untuk project yang akan dikerjakan. Misalnya untuk promosi iklan suatu produk yang menuntut untuk fasih dan memiliki intonasi yang baik dalam bahasa jepang. Dengan service yang memiliki beragam bahasa, klien lebih mudah untuk memilih voice over talentnya.

Selain itu, indovoiceover juga menyediakan localization service bagi para kliennya dan juga bagi para voice over talent. Localization merupakan bagian dari voice over. Localization service dapat diartikan sebagai proses pengalihan bahasa dari bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Proses ini tentu akan menyesuaikan dengan kebutuhan bahasa dari klien. Localization itu sendiri juga bisa berupa penerjemahan bahasa dalam sebuah film, serial atau documenter yang dilakukan oleh tim indovoiceover. Penggunaannya akan membantu seseorang dalam membuat pesan dari tayangan tersebut dengan menjangkau semua kalangan masyarakat di seluruh dunia.

Dengan localization service ini akan menjadi peluang bagi voice over talent untuk menemukan project karena akan semakin banyak content atau tayangan yang memerlukan pengalihan bahasa. Tidak hanya sekedar mengalihbahasakan, akan tetapi localization service juga merupakan adaptasi ke dalam bahasa yang digunakan, sehingga pas dan juga sesuai dengan penggunaan voice overnya atau pengisi suara atau dubber.

Penggunaan localization itu sendiri tidak hanya berlaku pada tayangan televisi atau film, tapi juga mampu untuk diterapkan di video game. Hal ini membuat voice over talent harus mampu untuk melihat peluang yang ada. Tidak hanya itu, company profile bagi perusahaan yang ingin mengembangkan pasarnya ke seluruh dunia juga bisa menjadi peluang tersendiri.

Localization service merupakan salah satu pelayanan yang mampu menjadi peluang bagi klien dan juga voice over talent membangun kerjasama dalam sebuah project, karena semakin banyaknya content atau tayangan yang memerlukan pengalihan bahasa.

Leave Your Comment