1

Event Review: Voice Over Class College Tour #1: UPN Yogyakarta

Voice Over atau pengisi suara atau dubber College Tour resmi kami mulai pada hari sabtu, 25 februari 2017. Kampus pertama yang kami tuju adalah Kampus UPN Yogyakarta Babarsari, bertempat di Lab PR.

Tim Waiwai Studio menyiapkan tempat sebelum memulai acara

Awalnya kami agak cemas karena beberapa pengalaman kami mengisi atau membuat event di kampus pada hari sabtu, biasanya kurang antusiasme dari teman-teman mahasiswa. Karena jadwal kuliah biasanya tidak padat atau bahkan libur pada hari sabtu. Namun rasa cemas itu hilang begitu melihat semua kursi yang disediakan oleh panitia terisi penuh hingga akhir acara.

Suasana acara Voice Over Class College Tour #1 di Lab PR UPN Babarsari Yogyakarta

Sesi pertama dibuka oleh Dito Satriawan selaku Voice Director di Waiwai Studio dan Indovoiceover.com, Dito menjelaskan peran dan fungsi Voice Director dalam sebuah Produksi TV Commercial dan Radio Ad. Mulai dari proses Voice Casting Talent, Script Meeting, Script Translation, Pre-Production Meeting hingga Post-Production. Teman-teman UPN yang datang berasal dari jurusan Broadcast dan Jurnalistik, sehingga sebagian besar dari mereka sudah pernah merasakan proses produksi sebagai tugas kampus.

Dito Satriawan (Voice Director of Waiwai Studio & Indovoiceover) menjelaskan peran seorang Voice Director dalam sebuah project

Sesi kedua dilanjutkan oleh Pramudya Adhi (Beatpong Sound Engineer dan Waiwai Studio Music Composer). Pramudya memberikan materi seputar teknis produksi, seperti pengenalan alat rekam, pengenalan software editing hingga bedah kasus dalam sebuah project.

Pramudya Adhi (Beatpong & Waiwai Studio Composer) melanjutkan sesi kedua dengan menjelaskan perihal teknik dan alat-alat yang digunakan dalam sesi rekaman.

Setelah sesi kedua, Dito dan Pramudya mengajak peserta workshop untuk mencoba langsung, ada Iqbal dan Nuning yang menjadi Voice Talent dan Diksi yang mencoba peran sebagai Sound Engineer. Keseruan dan gelak tawa mewarnai sepanjang sesi ini, lalu banyak komentar dari peserta seperti “Wah ternyata susah sekali” atau “Tantangan paling berat adalah berbicara sesuai durasi, lumayan sulit ya”.

Sesi selanjutnya adalah sesi tanya jawab. dalam  Sesi ini juga terbilang cukup ramai, banyak pertanyaan seputar kesulitan atau kendala produksi seperti pemilihan microphone, ruangan yang bergema, gangguan noise saat shooting hingga software editing dan kesulitan menemukan musik yang pas untuk project.

Di akhir acara Event Workshop Produksi Voice Over pada TV dan Radio Ad ini diakhiri dengan foto bersama semua perserta workshop dan panitia.