1

Standard Teknik Perekaman Suara di Film Holywood

Dalam perekaman suara terdapat teknik yang menjadi salah satu bagian terpenting didalamnya. Teknik ini digunakan untuk menyeimbangkan semua elemen, menghapus segala gangguan suara saat perekaman berlangsung, bahkan mampu untuk memberikan soundtrack didalamnya. Teknik tersebut adalah ADR. Apa itu ADR?

ADR merupakan sebuah singkatan dari Automated/Automatic Dialog Replacement yang berarti sebuah proses perekaman ulang sebuah dialog yang dilakukan oleh aktor yang asli setelah proses pembuatan film yang berguna untuk meningkatkan kualitas audio atau melakukan perubahan dialog. Ada 3 pihak yang memiliki keterlibatan di dalam ADR, yaitu audio editor, recording engineer dan tentunya aktor pemeran film tersebut itu sendiri.

Dalam proses ini, biasanya hanya seoarang voice over atau pengisi suara atau dubber talent itu sendiri yang mampu untuk menciptakan dialog yang sesuai dengan adegan yang ada dalam video yang telah dibuat sebelumnya. Ia harus mendalami dan juga mampu untuk menghayati video tersebut. Misalnya saja mulai dari gerakan bibir, intonasi suara hingga emosi yang akan dikeluarkan. Semua itu harus bisa disesuaikan oleh voice over talent sebagai actor dalam project tersebut.

ADR dilakukan untuk menghilangkan setiap perbedaan atau masalah yang terjadi selama proses syuting berlangsung dan menggantinya dengan audio yang jernih. Biasanya setelah persiapan rekaman dan juga skrip yang menjadi revisi, actor suara akan melakukan pengulangan rekaman suara pada bagian tertentu dari film. Setelah itu, sutradara atau produser bersama dengan editor suara yang akan menentukan pengambilan rekaman yang terbaik dari yang pernah dilakukan, lalu melakukan penyaringan kembali dan kemudian memutuskan mana yang akan digunakan sebagai pilihan terakhirnya. Dengan begitu, editor suara akan mengirimkannya ke pasca produksi.

Hampir setiap film menggunakan teknik ini, bahkan termasuk film-film Hollywood. Untuk mencapai hasil yang maksimal dan terbebas dari gangguan suara-suara yang mengganggu selama proses pengerjaan sebuah project film tersebut, maka proses ADR sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan Automated/Automatic Dialog Replacement sangat membantu dalam hal menghapus kesalahan audio dalam sebuah film.

Leave Your Comment