1

Tips Menjaga Kondisi Suara Bagi Voice Over Talent

Menjadi seorang voice over talent berarti harus bisa untuk menjaga suara yang menjadi penyokong utama dari pekerjaannya sebagai voice over atau pengisi suara atau dubber . Suara merupakan aset utama yang harus sangat diperhatikan agar selalu fit dan sehat untuk mengikuti audisi setiap saat. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan seorang voice over talentdalam menjaga kondisi suaranya agar selalu dalam keadaan baik.

 

  1. Tidur yang cukup

Ketika voice over talent mengeluarkan suara dalam memerankan sebuah karakter atau membaca sebuah naskah, maka melibatkan banyak otot. Baik otot penunjang dalam hal pernafasan atau otot-otot yang berada di pangkal tenggorokan. Otot-otot yang bekerja tersebut bisa lelah, lemah, hingga keluar dari kondisi normalnya. Dengan begitu, istirahat seperti tidur yang cukup sangat diperlukan bagi seorang voice over talent sebagai salah satu bentuk dari penjagaan akan kondisi suaranya.

 

  1. Hindari makanan yang berminyak

Selain tidur yang cukup, menjaga makanan yang dikonsumsi seorang voice over talent juga menjadi perhatian penting. Hal ini dikarenakan ketika voice over talent salah memilih makanan untuk masuk melewati tenggorokannya, terutama makanan yang berminyak, maka akan lebih besar kemungkinan resiko untuk sakit juga semakin tinggi. Seperti halnya, mengalami sakit batuk ataupun pilek yang menganggu aktivitas pekerjaannya sebagai voice over talent.

 

  1. Tidak berteriak sebelum audisi

Tidak hanya menjaga pola tidur dan makanan, seorang voice over talent juga harus menjaga kualitas suaranya dengan cara tidak sembarangan untuk mengeluarkan suara dengan keras dan lantang atau dengan kata lainnya disebut teriak. Teriak untuk hal yang tidak bertujuan, alangkah baiknya dihindari, terutama sebelum audisi berlangsung. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas suara agar tetap baik dan tidak menjadi parau atau tidak jernih lagi.

 

  1. Hindari nervous atau grogi saat audisi

Menjadi nervous atau grogi saat sebelum audisi adalah hal yang wajar. Akan tetapi, alangkah baiknya untuk menghindarinya agar tetap terdengar baik dan indah. Untuk itu, cobalah untuk berkali-kali menarik nafas panjang agar sedikit tidaknya mengurangi rasa nervous dan groginya.

 

  1. Baca naskah dan latihan terlebih dahulu

Berlatih dalam membaca naskah berkali-kali akan membantu kelancaran ketika mengikuti audisi. Dengan membaca naskah tersebut, setidaknya voice over talent sudah mengetahui dan lebih mendalami karakter atau naskah tersebut dengan lebih mendalam dan baik, sehingga ia mampu untuk memberikan penampilannya yang terbaik selama mengikuti audisi.

Leave Your Comment