1

Voice Over Talent Yang Diinginkan Perusahaan
Voice over atau pengisi suara atau dubber talent memiliki tanggung jawab untuk merekam narasi atau dialog yang menyertai banyak produksi video. Syarat utama menjadi voice over atau pengisi suara atau dubber  talent yang sukses adalah kemampuan berbicara dengan baik dan mampu membaca naskah dengan nada, emosi, kejelasan dan juga ucapan yang sesuai. Sebuah perusahaan membutuhkan seorang voice over talent sebagai sarana promosi sebuah produk yang dimilikinya. Dalam hal komersial, iklan dan video promosi, voice over dapat digunakan sebagai pemberi informasi tambahan atau menciptakan emosional tentang suatu produk atau layanan yang akan dipromosikan.Menyampaikan pesan dengan baik merupakan tujuan utama sebuah pekerjaan voice over atau pengisi suara atau dubber . Oleh Karena itu, sebuah perusahaan akan memilih voice over talent sesuai dengan kriteria tertentu yang sesuai dengan produk yang akan mereka promosikan. Berikut merupakan beberapa karakter voice over berdasarkan jenis produk yang sesuai:

  1. Deep/rich Voice

Jenis video Corporate dan film trailer sangat cocok untuk karakter suara ini, karena dianggap mampu untuk menggambarkan sebuah pencapainan yang ingin ditampilkan oleh sebuah perusahaan. karakter suara seperti ini juga mampu untuk mendramatisir, membuatnya lebih terkesan epic, bahkan juga heroic sebuah gambar/video.

  1. Medium Casual

Project dengan narasi yang panjang seperti E-Learning, audio books, dan company profile cocok untuk karakter suara ini. Hal ini dikarenakan karakter suara ini bersifat ringan dan juga fresh, sehingga pendengarnya juga tidak membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk mampu menyerap informasi. Naskah yang dibacakan pun akan lebih jelas dan tepat.

  1. Casual & Young

Karakter suara ini sangat cocok untuk Infographic, Startup Video, Viral Video atau Filler Event yang bisa dikatakan genrenya anak muda banget, karena fresh, action dan youngster. Karakter suara ini juga menegaskan bahwa sebuah market yang menjadi sasaran sangatlah penting untuk bisa membuat sebuah video ataupun audio lebih tepat. Profling market seperti lokasi, minat, usia, latar belakang budaya mempengaruhi dalam mempromosikan sebuah produk.

Selain karakter yang telah dijabarkan, seorang voice over talent yang memiliki kemampuan berbagai bahasa, memiliki nilai tambah tersendiri. Dengan kemampuan berbahasa asing seperti China, Arab, Jepang, dan sebagainya, membuat voice over talent dicari untuk mengisi project tertentu. Namun, tak lupa dengan seleksi kesesuaian pembacaan intonasi dan tekanan yang tepat, sehingga pesan yang ingin disampaikan mampu untuk diserap pendengarnya.

Leave Your Comment